Advance Solid Waste Management Programme

Fasilitasi pelaksanaan survey lapangan dan permintaan data kegiatan Advance Solid Waste Management Programme for Selected Cities and Regencies in Indonesia, kerjasama Pemerintah Indonesia – Jerman (26/07)

Bandar Lampung (26 Juli 2018) – Bandar Lampung terpilih sebagai objek studi kelayakan dalam rangka implementasi Advance Solid Waste Management Programme for Selected Cities and Regencies in Indonesia. Kemarin (25/07) telah dilasanakan kegiatan sosialisasi program, diskusi, pengumpulan data di ruang rapat Bappeda Kota Bandar Lampung.

Studi kelayakan meruapakan bagian dari program dalam rangka Kerjasama Keuangan Indonesia – Jerman dengan tujuan untuk mengembangkan teknologi dan fasilitas pengolahan limbah yang canggih untuk mengalihkan limbah dari tempat pembuangan sampah. Sistem treatment akan memastikan bahwa fraksi limbah yang dapat didaur ulang dipisahkan dan diintegrasikan sebanyak mungkin dalam siklus produksi dan karena limbah organik diperlakukan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Dengan cara ini, program pengelolaan limbah padat yang maju membantu untuk menghemat sumber daya alam, meminimalkan jumlah limbah yang akan ditimbun secara langsung dan mengurangi emisi karbon dioksida dari pembuangan limbah organik yang tidak diolah.

Tujuan studi kelayakan meliputi analisis situasi saat ini, pengembangan konsep solusi pengolahan pengelolaan limbah padat lanjutan dan pemilihan lokasi yang tepat untuk instalasi pengolahan, tempat pembuangan akhir sanitasi dan stasiun transfer atau titik transfer. Semua studi kelayakan akan menggambarkan strategi yang tepat untuk sistem treatment yang memenuhi syarat di masing-masing area, berdasarkan situasi teknis, lingkungan, ekonomi dan sosial spesifik dari wilayah masing-masing.

Pertemuan fasilitasi tersebut dipimpin oleh Sekretaris Bappeda serta dihadiri bebepa OPD terkait yaitu Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perumahan dan Pemukiman, Dinas Kesehatan, PD Kebersihan, dan UPT TPA Bakung.